Selasa, 28 Februari 2012

Sekilas Bahasa Pemrograman

Kata “program” dapat diartikan :
a.   Untuk mendeskripsikan instruksi-instruksi tersendiri, yang biasanya disebut source code, yang dibuat oleh programmer.
b. Untuk mendeskripsikan suatu keseluruhan bagian dari software yang executable.

Dapat juga dikatakan bahwa sebuah program merupakan himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programmer atau suatu bagian executable dari suatu software.

Kata pemrograman  dapat diartikan sebagai cara membuat program, dalam konteks ini berarti membuat program computer. Dapat juga dikatakan bahwa pemrograman merupakan suatu kumpulan urutan perintah ke computer untuk mengerjakan sesuatu. Perintah-perintah ini membutuhkan suatu bahasa tersendiri yang dapat dimengerti oleh computer.
Bahasa merupakan suatu kumpulan symbol-simbol atomic yang terbatas. Kumpulan symbol ini disebut alphabet. Untaian symbol ditulis secara berurutan dari satu ke yang lain setelahnya. Satu untaian yang tidak terlihat, disebut untaian kosong (empty string), biasanya dilambangkan dengan “”. Beberapa untaian menjadi bagian dari suatu bahasa, beberapa yang lain tidak. Untaian yang menjadi bagian dari suatu bahasa disebut kata atau kalimat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar